Serba-Serbi Dieng; Negeri Para Dewa di Indonesia

Posted by Main Outdoor on

 

Dieng merupakan Kawasan dataran tinggi yang berada di Provinsi Jawa Tengah, dan berada di dua wilayah kabupaten: Wonosobo dan Banjarnegara. Dieng berasal dari Bahasa Sansakerta “Di” dan “Hyang” yang artinya tempat bersemayamnya para dewa. Kepercayaan ini berasal dari agama Hindu dimana tempat yang tinggi itu adalah tempat bersemayamnya para dewa. Karena letaknya yang berada di 2.100 mdpl dan sering diselimuti kabut, Dieng juga biasa disebut “negeri diatas awan”.

Melihat pesona keindahan Dieng memang tidak ada habisnya. Jika Sobat Main berkunjung kesana, akan ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikujungi, ada gunung, bukit, gua, kawah, telaga, hingga candi. Selain keindahannya, Dieng juga mempunyai banyak keunikan. Berikut beberapa keunikan Dieng:

  1. Salju di musim kemarau

Kemunculan salju di Dieng sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh wisatawan. Jika di daerah eropa salju biasanya muncul pada musim dingin, lain halnya di Dieng, salju datang pada musim kemarau. Kemunculan salju di Dieng pada musim kemarau ini sebenarnya adalah hal yang lazim, mengingat ketinggian Dieng yang berada di atas 2000 mdpl.

Munculnya salju ini membawa berkah sekaligus kekhawatiran untuk masyarakat Dieng. Membawa berkah karena jumlah wisatawan pasti meningkat karena banyak orang yang ingin melihat bentuk salju alami tanpa perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Di sisi lain turunnya salju membuat masyarakat Dieng resah karena hasil pertanian utama yang berupa kentang menjadi cepat busuk.

  1. Anak bajang titipan dewa

https://paketwisatadiengmurah.wordpress.com/

Masyarakat Dieng percaya bahwa anak bajang atau anak gimbal ini merupakan titipan Dewa, maka dari itu perlakuan masyarakat setempat kepada mereka lebih spesial daripada anak-anak biasa.

Sebelum anak-anak gimbal itu memotong rambutnya, orang tua mereka harus mengabulkan satu permintaan anaknya agar setelah dipotong rambutnya, gimbal itu tidak tumbuh Kembali. Untuk memotong rambut gimbal tersebut juga ada ritual panjang yang harus dilakukan, dimana jika salah satu ritual itu tidak dilakukan dengan benar atau permintaan anak tersebut tidak terpenuhi, gimbal itu bisa muncul Kembali setelah prosesi ruwat atau pemotongan.

  1. Carica, buah yang berasal dari dataran tinggi Andes

thefruitforest.com

Buah carica tumbuh sumbur di Dieng. Habitat asli buah carica ada di dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri, buah ini hanya tumbuh di dua tempat, Bali dan Dieng. Buah ini memiliki julukan “buah para dewa” karena hanya bisa tumbuh di dataran tinggi mulai dari 1.500-3.000 mdpl.

Cara memakan buah ini harus di olah dulu, karena jika Sobat Main memakannya secara langsung, maka akan menyebabkan gatal-gatal. Buah ini biasanya diolah menjadi manisan, keripik, selai, jus, dan masih banyak lagi.

  1. Golden sunrise di Bukit Sikunir

Bukit Sikunir mempunyai spot sunrise terbaik di daerah Dieng. Setiap wisatawan yang mendatangi Dieng pasti akan mendatangi Bukit Sikunir. Untuk mencapai bukit ini, Sobat Main hanya perlu mendaki selama 30-45 menit. Biasanya wisatawan berangkat pukul 4 pagi untuk bisa melihat golden sunrise yang menakjubkan.

Selain golden sunrise, Bukit Sikunir menawarkan pemandangan 8 gunung di sekitarnya yang bisa Sobat Main nikmati bersamaan dengan munculnya matahari.

  1. Kawah Candradimuka, tempat gatot kaca berendam

Kawah Candradimuka sangat terkenal di Dieng melebihi banyak kawah lainnya yang ada disana. Di dunia pewayangan, Gatot kaca mempunyai kekuatan yang sakti mandraguna setelah ditempa di Kawah Candradimuka.

Air di kawah ini sangat panas dengan uap yang mengepul, suhu airnya juga mencapai 100 derajat, jadi tidak disarankan untuk memasukkan anggota tubuh ke air kawah tersebut. Jika ingin merasakan sumber air yang menyegarkan, Sobat Main bisa mengunjungi sumber air adem semar yang keberadaannya dekat dengan kawah tersebut. Sumber air ini dingin dan menyegarkan. Ada yang percaya bahwa sumber air bisa membuat wajah awet muda.

Berikut beberapa keunikan dari Dieng. Masih banyak lagi keunikan dan keindahan yang bisa di eksplor dari negeri diatas awan tersebut. Saat ini Main Outdoor sedang menyiapkan sesuatu yang berhubungan dengan Dieng nih. Mau tau apa? Ikuti Instagram kami di @mainoutdoor untuk mengetahui informasi selanjutnya.

 

Penulis: Achmad Ardiansyah


Share this post



← Older Post